Hari ini kita akan membahas mengenai apa itu manajemen ? dan seberapa pentingnya sih manajemen itu ?

Mungkin sebagian diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan kata manajemen, tapi apakah kalian tahu apa itu manajemen ? Mari kita bahas.

Pengertian Manajemen
Tanpa kita sadari dalam kehidupan kita sehari-hari kita sudah melaksanakan kegiatan manajemen looh.

Contohnya saja kegiatan rutinitas yang kita jalani. Pada jam 5 misalkan kita bangun tidur dan sampai jam setengah 6 kita bersih-bersih diri dan merapikan tempat tidur.

Kemudian pada jam setengah 6 kita memasak air, sambil bersih-bersih rumah sampai jam 6. Setelah itu kita mencuci pakaian sampai jam setengah 7.

Setelah mencuci kita sarapan lalu berangkat bekerja atau sekolah.

Nah kegiatan tersebut sudah termasuk manajemen. Apa yang kalian bisa simpulkan dari contoh di atas mengenai pengertian manajemen ?


Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur.

Manajemen adalah pengaturan yang dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.

Dapat kita simpulkan bahwa pengertian manajemen itu memiliki 3 unsur pokok, yaitu merupakan sebuah proses, merupakan sekelompok orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen, dan manajemen sebagai suatu seni dan ilmu untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
  • Menurut Encylopedia of the Social Science

Manajemen adalah suatu proses dengan proses mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
  • Menurut Haiman

Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut George R. Terry

Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
  • Menurut Andrew F. Sikula

Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.
  • Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Menurut Harold Koontz dan Cyril O'Donnel

Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.

Berikut adalah benang merah yang dapat kita tarik dari pengertian-pengertian manajemen menurut para ahli di atas.
  1. Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai,
  2. Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni,
  3. Manajemen merupakan proses yang sistematis, terkoordinasi, kooperatif, dan terintegrasi dalam memanfaatkan unsur-unsurnya (6M),
  4. Manajemen baru dapat diterapkan jika ada dua orang atau lebih melakukan kerja sama dalam suatu organisasi,
  5. Manajemen harus didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab,
  6. Manajemen terdiri dari beberapa fungsi (POSD dan C),
  7. Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan.
Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan. Suatu perusahaan akan dapat berkembang dengan baik dan tujuan tercapai dengan optimal apabila manajemennya dilakukan dengan baik.

Begitu juga sebaliknya, apabila manajemennya tidak dilakukan dengan baik akan terjadi pemborosan, kerugian atau bahkan tujuannya tidak tercapai.

Dari tadi kita bicara atur, mengatur, pengatur, apa sih yang diatur ?, kenapa sih harus diatur ?, siapa yang ngatur ?, bagaimana cara mengaturnya ? dan dimana mengaturnya ?

apa yang diatur ?
Yang diatur dalam manajemen adalah unsur-unsur dan aktivitas manajemen itu sendiri, apa saja ?. Unsur-unsur manajemen ada 6M, yaitu
  1. Man (manusia),
  2. Money (uang),
  3. Material (bahan-bahan),
  4. Machine (mesin),
  5. Market (pasar),
  6. Method (metode).
kenapa harus diatur ?
Agar 6M itu lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.

siapa yang mengatur ?
Yang mengaturnya adalah pemimpin dengan wewenang kepemimpinannya melalui intruksi atau persuasi, sehingga 6M dan semua proses manajemen tertuju serta terarah kepada tujuan yang diinginkannya.

di mana harus diatur ?
dalam suatu wadah, yaitu organisasi atau perusahaan. 

bagaimana mengaturnya ?
Mengaturnya dengan fungsi-fungsi manajemen, yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling).

Unsur-unsur Manajemen
Dalam manajemen terdapat unsur-unsur manajemen yang diaturnya, yang pertama ada man (manusia).

Manusia disini maksudnya adalah anggota organisasi atau seorang karyawan. Manajemen perlu mengatur setiap kegiatan manusia tersebut, mulai dari hal yang sekecil mungkin.

Manusia adalah makhluk yang hidup, memiliki perspektifnya masing-masing, jadi sedikit sulit untuk mengaturnya. Maka dari itu seorang manajer perlu mempelajari ilmu psikologi.

Yang kedua ada Money (uang). Uang sangat diperlukan sebagai modal dalam mendirikan usaha. Jika tidak ada uang pasti akan mengalami kesulitan dan kebingungan, segalanya tidak akan berjalan dengan lancar.

Maka dari itu setelah adanya manusia diperlukan uang untuk membayar segala kebutuhan organisasi atau perusahaan.

Uang digunakan untuk membayar upah pegawai, membeli bahan baku, perawatan mesin dan lain sebagainya. Maka dari itu diperlukan adanya manajemen untuk mengelola uang tersebut.

Yang ketiga yaitu Material (bahan). Material disini bukan berarti bata, batu, atau semen ya, tapi material disini bisa berupa bahan baku ataupun bahan yang perlu dipersiapkan untuk kedepannya.

Uang digunakan salah satunya untuk membeli material. Manajemen berfungsi mengolah material ini untuk menghasilkan produk.

Bukan bagian mengubah menjadi produk, akan tetapi mengatur seberapa banyak barang yang diproduksi dan juga menentukan harga untuk untung dan ruginya.

Serta bahan apa yang memiliki kualitas bagus dan segi harga yang dipertimbangkan juga. Manajemen diperlukan untuk hal ini.

Kemudian yang keempat terdapat Machine (mesin). Seorang manajer harus bisa memilah dan memilih mesin yang bagus dengan harga yang menyesuaikan dengan keperluan.

Manajer dituntut untuk bisa mempertimbangkan mesin apa yang diperlukan perusahaannya, jangka waktu efektifnya, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Yang kelima ada Market (pasar). Pasar merupakan tempat terjadinya jual beli suatu produk.

Seorang manajer harus bisa mengatur dimana produk yang dimilikinya dapat terjual dengan laris. Semuanya diatur dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

Yang terakhir ada Method (langkah). Dalam kelima unsur lainnya ini pasti melalui sebuah proses, setiap proses harus dijalankan untuk mencapai tujuan.

Manajemen berfungsi untuk mempertimbangkan bagaimana proses-proses untuk mengatur kelima unsur lainnya sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Pentingnya Manajemen
Manusia memiliki kemampuan yang terbatas (fisik, pengetahuan, waktu dan perhatian) sedangkan kebutuhannya tak terbatas.

Oleh karena itu manajemen diperlukan, kenapa ? karena untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan adanya bantuan dari orang lain.

Tempat manajemen mengatur yaitu di suatu organisasi ataupun perusahaan, yang dimana terdapat kerja sama di dalamnya.

Seorang pemilik perusahaan memiliki tujuan untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, sedangkan karyawannya memiliki tujuan untuk mendapatkan uang dari hasil kerja kerasnya.

Seorang pemilik perusahaan ini dapat bekerja sama dengan karyawannya, karyawannya bekerja untuk mendapatkan upah dan pemilik perusahaan mendapatkan tenaga dan keahlian yang disalurkan dari karyawan tersebut.

Hubungan mutualisme ini akan menguntungkan satu sama lain, kerja sama yang dapat berlangsung dapat tercipta dengan manajemen yang baik.

Kenapa manajemen itu penting ?
Karena dengan manajemen, hidup akan lebih teratur, tujuan yang ingin dicapai akan lebih mudah, dapat meminimalisir atau bahkan mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Manajemen dapat diterapkan apabila :
  1. Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan dicapai,
  2. Ada kerja sama di antara sekelompok orang dalam ikatan formal dan tata tertib yang baik,
  3. Ada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur,
  4. Ada hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib,
  5. Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan,
  6. Ada organisasi (wadah) untuk melakukan kerja sama,
  7. Ada wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) dari setiap individu anggota,
  8. Ada koordinasi, integrasi dan sinkronisasi (KIS) dari proses manajemen tersebut,
  9. Ada pemimpin atau pengatur dan bawahan yang akan diatur,
  10. Ada relationship in organization dan human organization,
  11. Ada nature of men and the nature of organization,
  12. Ada komunikasi dan delegation of authority.
Demikian postingan kami kali ini, kurang lebih nya mohon maaf, apabila ada kekurangan itu datangnya dari kami dan kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata. Sampai jumpa di postingan selanjutnya para pencari ilmu sekalian :D

Post a Comment

🚫 PERHATIAN ! 🚫
Dimohon untuk TIDAK berkomentar yang mengandung hinaan, caci maki, memperdebatkan hal yang tidak penting, dan promosi barang/hal yang dilarang oleh hukum agama dan hukum negara!