Selamat datang kembali di blog Mata Univ ini :) Kali ini saya akan membagikan dasar-dasar sebuah aplikasi Microsoft Excel. Aplikasi Microsoft Excel ini digunakan untuk mengolah data, baik berupa angka ataupun grafik atau juga tabel.

Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.beberapa hal menarik pada program ini, yaitu menghitung, menganalisa dan menginterpresentasikan data. Program ini dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas pada sistem jaringan internet.

Microsoft Excel memiliki jumlah baris total 1.048.476 dan kolom 16.384 (XFD) serta jumlah cell 17.179.896.184. Cara melihat jumlah baris ataupun kolom dengan menekan ctrl + panah, untuk melihat jumlah kolom silahkan tekan panah kanan,  sedangkan jika ingin melihat baris silahkan tekan panah bawah.

Kelebihan Microsoft Excel
Setiap aplikasi yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari tentu ada kelebihan dan kekurangannya, tak mungkin ada aplikasi yang sempurna. Berikut adalah kelebihan dari aplikasi Microsoft Excel dibandingkan dengan aplikasi pengolah data lainnya.
  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
  4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
  5. Antarmuka pengguna yang userfriendly.
  6. Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  7. Adanya fitur pemrograman VBA.
  8. Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  9. Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.
  10. Kompitabel dalam berbagai Sistem Operasi komputer.
  11. Ekstensi (.xls) merupakan ekstensi yang populer.
  12. Dapat membaca extensi .csu
  13. Memakan RAM yang sedikit.
Kekurangan Microsoft Excel
Berikut adalah kekurangan dari Microsoft Excel daripada aplikasi pengolah data lainnya.
  1. Merupakan program berlicensi sehingga harus membayarnya kepada pengembang.
  2. Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
  3. Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.
  4. Jumlah cell terbatas.
  5. Beberapa fungsi yang terbatas.
Fungsi Microsoft Excel
Berbicara mengenai fungsi, menurut kalian, untuk apa saja aplikasi microsoft excel ini digunakan ? mengolah angka ? mengolah data ? mengolah grafik ? mengolah adonan kue ?, ya, semuanya benar kecuali yang terakhir. Berikut adalah fungsi dari aplikasi Microsoft Excel.
  1. Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
  2. Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
  3. Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
  4. Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.
  5. Untuk membuat dan mengolah data grafik.
  6. Untuk melakukan analisis harga.
  7. Untuk menghitung statistika.
  8. Untuk konversi mata uang.
  9. Untuk sarana pembelajaran komputer dan logika.

Spesifikasi Komputer
Untuk menginstall dan menjalankan aplikasi Microsoft Excel ini, komputer kalian harus memenuhi beberapa persyaratan spesifikasi (spek) minimum yang dianjurkan supaya tidak mengalami lag ketika menjalankan aplikasi ini.

Untuk melihat spesifikasi komputer kalian caranya tekan tombol windows + R kemudian ketik "dxdiag" tanpa tanda kutip lalu tekan enter. Maka akan muncul spesifikasi komputer kalian. Berikut adalah spesifikasi minimum komputer untuk menjalankan aplikasi Microsoft Excel.
  1. 1 gigahertz (GHz) or faster x86-bit or x64-bit processor with SSE2 instruction set. 2 GB RAM, 3.0 GB available disk space, 1280 x 800  screen resolution.
  2. Graphics hardware acceleration requires a DirectX 10 graphics card.
  3. Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7 Service Pack 1, Windows 10 Server, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2012, or Windows Server 2008 R2. For the best experience, use the latest version of any operating system.
  4. .NET 3.5 required. Some features may require .NET 4.0 or 4.5 CLR to also be installed.
Cara Menjalankan Microsoft Excel
Untuk menjalankan atau membuka aplikasi Microsoft Excel ini kalian harus sudah menginstallnya terlebih dahulu. Silahkan kalian membeli kaset (cd) nya di toko komputer terdekat atau mendownload aplikasi Microsoft melalui google.

Setelah kalian menginstall aplikasinya silahkan kalian klik start/tombol windows kemudian pilih all programs di bawah. (Jika kalian jarang membuka aplikasi ini ataupun baru menginstall aplikasi ini, maka tidak akan muncul di atas atau di luar folder All Programs)
Cara Membuka Aplikasi MS Excel
klik gambar untuk memperbesar
Kemudian buka folder Microsoft Office lalu pilih Microsoft Excel
Cara Membuka Aplikasi MS Excel 2
Klik gambar untuk memperbesar
Tunggu sebentar maka akan muncul aplikasi Microsoft Excelnya. Beres, silahkan kalian mengoperasikan aplikasi Microsoft Excelnya :D

Elemen-Elemen Microsoft Excel
Elemen atau bisa disebut juga komponen yang ada di Microsoft Excel ini beragam. Banyak sekali jenis dan fungsinya masing-masing. Berikut adalah tampilan bersama elemen-elemen yang ada.
Cara Membuka Aplikasi MS Excel 3
Klik gambar untuk memperbesar


Keterangan :

  1. Quick Acces Toolbar : Tool bar untuk mempercepat penggunaan icon yang sering dipakai. Kita dapat menambahkan  icon pada Quick Acces Toolbar, selain icon standard yang telah disediakan oleh Excel,
  2. Title Bar : Judul File Dokumen yang sedang dibuka,
  3. Tabs : Menu-menu yang terdapat pada Excel.
  4. Ribbon : Group-group yang terdapat dalam Excel yang sedang aktif. Nama-nama dibawah icon itu dinamakan Group.
  5. Cell Name : Nama dari sebuah cell. Bisa juga menamai beberapa cell tersebut dan mengelompokkannya.
  6. Formula Bar : Tempat pengetikan Rumus,
  7. Dialog Box Launcher : Menampilkan Kotak Dialog Grup yang ditunjuk,
  8. Block All Cell : Untuk memblock seluruh cell,
  9. Scroll Bar : Untuk menaikan atau menurunkan layar kerja,
  10. Zoom Slider : Zoom out (-) untuk mengecilkan layar lembar kerja, zoom in (+) untuk memperbesar layar lembar kerja.
  11. Page Option : Untuk mengatur tampilan halaman lembar kerja.
  12. Tab Sheet : Kumpulan sheet (lembar) yang terdapat dalam satu dokumen,
  13. Status Bar : Ready mengartikan bahwa dokumen tersebut siap digunakan.
Demikian postingan saya kali ini mengenai Aplikasi Komputer : Pengenalan Microsoft Excel (Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Fungsi, Elemen-Elemen dan Spesifikasi Minimum) semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan berhenti untuk belajar, belajar adalah investasi masa depan. Seseorang akan lebih dihormati ketika dirinya memiliki keilmuan yang tinggi. Terus belajar untuk masa depan yang lebih baik. Tetap semangat dalam berkarya :D

Post a Comment

🚫 PERHATIAN ! 🚫
Dimohon untuk TIDAK berkomentar yang mengandung hinaan, caci maki, memperdebatkan hal yang tidak penting, dan promosi barang/hal yang dilarang oleh hukum agama dan hukum negara!