Matematika Ekonomi
Selamat datang kepada para siswa dan mahasiswa yang sedang bersemangat mencari ilmu :) Berbicara mengenai Matematika Ekonomi pastinya kalian tidak asing dengan yang namanya permintaan, penawaran, Pajak, Subsidi dan sejenisnya bukan ?. Kali ini kita akan membahas mengenai Mata Kuliah Matematika Ekonomi.

Matematika Ekonomi ini biasanya dipelajari dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis jurusan Manajemen dan Akuntansi. Namun terkadang di beberapa prodi juga mempelajari ilmu Matematika Ekonomi untuk perhitungan di dalam beberapa hal.

Matematika Ekonomi merupakan dasar-dasar perhitungan matematika di bidang akuntansi, biasanya digunakan untuk menghitung permintaan dan penawaran sebuah barang, titik pulang pokok dan lain sebagainya. Sehingga data ini diperlukan dalam setiap perusahaan untuk pengambilan keputusan.

Data yang dikumpulkan melalui analisis di ilmu Matematika Ekonomi digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan suatu pemimpin perusahaan atau strategi apa yang akan dilakukan untuk kedepannya dengan mengandalkan data-data yang sudah dianalisis dan diolah menjadi berupa informasi untuk para manajer.

Pengertian Matematika Ekonomi
Ada berbagai pengertian mengenai ilmu Matematika Ekonomi ini, akan tetapi memiliki makna yang sama, hanya penjabarannya saja yang berbeda. Berikut pengertian Matematika Ekonomi menurut para ahli:
  • Susilo berpendapat bahwa ilmu matematika bukanlah sekedar hanya kumpulan angka, simbol, serta berbagai rumus yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan dunia nyata. Namun sebaliknya, bahwa ilmu matematika tumbuh serta berakar dari kehidupan di dunia nyata.
  • Suherman : Ilmu matematika ialah disiplin ilmu mengenai tata cara berfikir serta untuk mengolah logika, baik itu secara kuantitatif ataupun kualitatif.
  • James Dan James (1976) : Matematika merupakan suatu ilmu mengenai logika tentang bentuk, besaran, susunan, serta berbagai konsep yang memiliki hubungan satu sama lain dan dengan jumlah banyak yang terbagi ke 3 bidang, antara lain : aljabar, geometri, dan analisis.
  • Abdurrahman : berpendapat bahwa ilmu matematika merupakan sebuah bahasa simbolis yang mempunyai suatu fungsi praktis untuk mengekspresikan berbagai hubungan kuantitatif serta keruangan, sedangkan fungsi teoritis agar dapat memudahkan berfikir.
  • Andi Hakim Nasution berpendapat bahwa ilmu matematika merupakan ilmu struktur, urutan (order), serta memiliki hubungan yang meliputi berbagai macam dasar pengukuran, perhitungan, serta penggambaran suatu bentuk objek.
  • Ruseffendi E. T : Ilmu matematika terorganisasikan dari berbagai jenis unsur yang tidak untuk didefinisikan, berbagai definisi, aksioma, serta suatu dalil dimana dalil tersebut telah dibuktikan kebenarannya dan berlaku secara umum, oleh sebab itu ilmu matematika dapat disebut sebagai ilmu matematika.
  • Carl Friedrich Gauss mengatakan matematika sebagai “Ratu Ilmu”. Dalam bahasa aslinya, Latin Regina scientiarum, juga di Jerman Konigin der Wissenschaften, kata yang sesuai dengan ilmu pengetahuan berarti (lapangan) pengetahuan.
  • Johnson dalam Russefendi (1972) : Matematika adalah unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi, aksioma, dan dalil-dalil di mana argumen setelah terbukti valid pada umumnya, karena matematika ini Sering disebut ilmu deduktif.
  • Kline (1973) : Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat.
  • Russefendi : Matematika terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil di mana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itulah matematika sering disebut ilmu deduktif.
Jadi dari pengertian-pengertian Matematika Ekonomi di atas dapat disimpulkan bahwa Matematika Ekonomi adalah suatu penerapan ilmu matematika yang diterapkan untuk menganalisis masalah-masalah ekonomi.
Manfaat Belajar Matematika Ekonomi

Manfaat dan Fungsi Belajar Matematika Ekonomi
Setiap ilmu yang kita pelajari pastilah akan bermanfaat pada bidangnya masing-masing, begitu juga Matematika Ekonomi, berikut adalah manfaat kita mempelajari Matematika Ekonomi :
  1. Memberikan pengetahuan, wawasan dan kemampuan dalam memanfaatkan teori atau konsep matematika dalam analisis ekonomi, terutama dalam masalah maksimisasi,minimisasi dan optimisasi,
  2. Sebagai penerapan dalam analisis ekonomi,
  3. Dapat menggunakan pemahaman fungsi untuk menyelesaikan persoalan dalam bisnis dan ekonomi,
  4. Memudahkan dalam menghitung indikator dan prediksi ekonomi,
  5. Memberikan pemahaman tentang matematika sebagai alat bantu menganalisis model-model ekonomi,
  6. Sebagai rencana bisnis dan pembangunan untuk skala menengah dan skala kecil,
  7. Mengelola dan menilai rencana bisnis dengan tepat,
  8. Menyusun alternatif sasaran sehingga memudahkan dalam perhitungannya.
     
Tujuan Mempelajari Matematika Ekonomi
Untuk apa sih kita mempelajari ilmu Matematika Ekonomi ? kenapa kita harus mempelajari Matematika Ekonomi ? Berikut adalah tujuan kita mempelajari Matematika Ekonomi :
  1. Mencirikan dan menggambarkan bentuk fungsi permintaan dan penawaran dari suatu barang atau jasa dan menentukan titik keseimbangan pasar yang terjadi,
  2. Menghitung besarnya pajak yang ditetapkan terhadap suatu barang atau jasa,
  3. Menuliskan dan menggambarkan grafik dari fungsi permintaan atau penawaran serta titik keseimbangan pasar yang baru akibat kena pajak,
  4. Menghitung besarnya subsidi yang ditetapkan terhadap suatu barang atau jasa,
  5. Menuliskan dan menggambarkan grafik dari fungsi permintaan ataupenawaran serta titik keseimbangan pasar yang baru akibat adanya subsidi,
  6. Menghitung besarnya utilitas (kepuasan, kegunaan) yang diperoleh seseorang dari mengkonsumsi suatu barang atau jasa.
Demikian penjelasan sekilas meliputi Matematika Ekonomi. Pada postingan berikutnya akan dibahas mengenai materi-materi yang dipelajari di dalam ilmu Matematika Ekonomi ini, jadi tetap pantau blog Mata Univ ini ya :D

Post a Comment

🚫 PERHATIAN ! 🚫
Dimohon untuk TIDAK berkomentar yang mengandung hinaan, caci maki, memperdebatkan hal yang tidak penting, dan promosi barang/hal yang dilarang oleh hukum agama dan hukum negara!