Di dalam suatu penelitian terdapat yang namanya variabel. Maka disebutlah variabel tersebut dengan sebutan variabel penelitian. Namun apakah yang disebut dengan variabel?. Kenapa variabel tersebut harus diteliti, dianalisis dan dikaji?.

Variabel disebut juga dengan variasi, ketika suatu data memiliki banyak variasi maka akan menyulitkan peneliti untuk menarik kesimpulan. Karena variabel memiliki banyak sekali variasi, maka variabel tergolong ke dalam beberapa jenis. Peneliti terlebih dahulu memasukan variabel-variabel tersebut guna memudahkan penelitian dan menarik kesimpulan.

Pengertian Variabel Penelitian

Variabel Penelitian adalah segala sesuatu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dianalisis dan dikaji sehingga memperoleh informasi dari hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulan darinya.

Variabel Penelitian juga dapat diartikan sebagai suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek, atau kegiatan yang memiliki variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dikaji dan dianalisis, serta ditarik kesimpulan darinya.


Macam-macam Variabel Penelitian
Pada dasarnya, variabel dibagi ke dalam 5 jenis, yaitu:
  1. Variabel bebas (Independent Variable)
  2. Variabel terikat (Dependent Variable)
  3. Variabel pembatas (Moderating Variable)
  4. Variabel antara/pemediasi (Intervening Variable)
  5. Variabel kontrol

Independent Variable
Variabel Independent disebut juga dengan variabel stimulus, pediktor, antecedent, atau eksogen. Di dalam bahasa Indonesia, Independent Variable sering juga disebut sebagai variabel bebas. Disebut dengan sebutan variabel bebas dikarenakan variabel ini menjadi sebab perubahan atau timbulnya dependent variabel.

Dependent Variable
Dependent variable disebut juga dengan variabel output, kriteria, konsekuen, indogen. Variable Terikat merupakan variable yang mempengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variabel bebas.

Contoh variabel bebas (Independent Variable) dan variabel terikat (Dependent Variable)

Ketika seorang siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, maka hal ini akan mengakibatkan prestasi yang siswa tersebut peroleh juga bagus, begitupun sebaliknya. Apabila motivasi belajar siswa tersebut rendah, maka akan berdampak pada prestasi belajar yang kurang memuaskan. Variabel bebas merupakan variabel sebab, dan variabel terikat merupakan variabel akibat dari variabel sebab tadi.

Moderating Variable
Moderating Variable adalah variabel yang mempengaruhi (mempengaruhi atau melemahkan) hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

Masih menggunakan contoh yang sama, namun ada sedikit tambahan, yakni variabel moderating. Variabel moderating kita lambangkan Z, untuk variabel bebas dilambangkan dengan X dan variabel terikat kita lambangkan Y. Variabel X merupakan penyebab timbulnya variabel Y, dan variabel Z berperan sebagai penguat atau pelemah diantara kedua variabel tersebut.

Lingkungan berperan di dalam motivasi belajar siswa tersebut. Jika lingkungan yang dia dapatkan baik, mendukung dengan kegiatan belajar, lingkungan yang sehat, maka motivasi belajar pun akan meningkat, dan akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya juga. Begitupun sebaliknya, apabila lingkungan siswa tersebut dipenuhi orang-orang malas, lingkungan yang buruk, dan tidak sehat, maka akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa tersebut dan akan berdampak kepada prestasi belajar siswa.

Intervening Variable
Intervening Variable adalah variabel yang secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, namun variabel ini berbeda dengan moderating variable, Intervening variable tidak dapat diamati dan diukur. Intervening terletak di tengah-tengah variabel bebas dan terikat, sehingga variabel bebas tidak secara langsung mempengaruhi variabel terikat.
Berbeda dengan variabel moderating, variabel intervening merupakan variabel penyela atau perantara yang bersifat mempengaruhi dari variabel bebas yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap variabel terikat. Dicontohkan di atas, penghasilan Budi mengakibatkan dirinya memiliki keinginan untuk menabung, akan tetapi gaya hidup budi membuat dirinya sukar untuk menabung.

Variabel Kontrol
Variabel Kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas dan variabel terikat tidak terpengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.

Demikian pembahasan singkat mengenai variabel penelitian. Kesimpulannya variabel penelitian adalah apa-apa saja yang peneliti tetapkan tentang apa yang akan diteliti olehnya. Dan variabel tersebut tergolong ke dalam 5 jenis, dan memiliki kegunaannya masing-masing.

Jangan lupa follow intsagram kami yaa di @mastri.adi atau kunjungi http://instagram.com/mastri.adi untuk mendapatkan beragam informasi menarik dan materi pelajaran atau materi perkuliahan, Terima kasih 😄

Post a Comment

🚫 PERHATIAN ! 🚫
Dimohon untuk TIDAK berkomentar yang mengandung hinaan, caci maki, memperdebatkan hal yang tidak penting, dan promosi barang/hal yang dilarang oleh hukum agama dan hukum negara!